BTemplates.com

Recent Post

Diberdayakan oleh Blogger.

Find Us On Facebook

Video Of Day

Rabu, 22 Juni 2016

Resep Kue Nastar Nan Lembut Dengan Topping Keju


Nastar merupakan kue kering khas lebaran yang terbuat dari adonan tepung terigu dengan isian selai nanas di dalamnya dan ditambah topping berupa kuning telur serta potongan cengkeh ataupun parutan keju. Komposisi bahan yang tepat akan menciptakan tekstur kue menjadi lembut dan nikmat.

















Berikut bahan dan cara pembuatan Kue Nastar Lembut  Topping Keju :

Bahan-bahan untuk adonan

  • 1000 gram tepung terigu
  • 500 gram margarin
  • 300 gram gula halus
  • 100 gram susu bubuk
  • 4 butir kuning telur
  • 1/2 sendok makan vanili bubuk

Bahan untuk Selai Nanas :

  • 2 buah nanas yang sudah diparut
  • 300 gram gula pasir
  • 2 batang kayu manis

Bahan untuk Olesan :

  • 4 buah kuning telur
  • 1 sendok teh air
  • 1 sendok teh madu
  • 1 Batang Keju Kraft cheddar

A. Membuat Selai Nanas dan Olesan untuk Nastar

Langkah pertama masak terlebih dahulu nanas yang sudah diparut dan kayu manis hingga air menyusut. Kemudian masukkan gula pasir, lalu aduk hingga selai menjadi padat dan dapat dibentuk.

Berikutnya adalah dengan membentuk selai tadi menjadi bulatan-bulatan dengan ukuran sesuai selera anda. Jangan membentuk selai terlalu besar, karena akan menyebabkan selai keluar dan membuat kulit nas
tar menjadi retak.

Untuk olesannya, masukkan 4 buah kuning telur dan tambahkan 1 sendok teh air dan 1 sendok madu, kemudian aduk hingga tercampur rata.

Parut keju kraft cheddar secukupnya untuk topping.

B. Membuat Kulit Nastar

  1. Langkah selanjutnya yaitu membuat kulit nastar. Silakan masukkan margarin, gula halus,  dan vanila bubuk ke dalam wadah (mangkok mixer), kemudian kocok menggunakan mixer sebentar saja, yang penting adonan tercampur rata. Lanjutkan dengan memasukkan kuning telur satu per satu.

  2. Setelah itu, masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit, kemudian aduk adonan menggunakan sendok kayu/ spatula hingga tercampur rata.

  3. Selanjutnya, ambil sedikit adonan untuk dibentuk. Untuk sisanya (adonan B), silakan dibungkus dengan plastik wrap dan masukkan ke dalam kulkas.

  4. Giling adonan dengan ketebalan kira-kira 1/2 cm. Sebelum menggiling adonan, jangan lupa memberikan alas plastik di kedua sisi. Cetak bundar dengan gelas berdiameter kira-kira 5 cm. Kemudian ambil satu bagian, isi dengan selai dan bentuk bulat.

  5. Lakukan langkah yang sama seperti pada nomor 4, tata semua adonan yang sudah diberi selai dan dibentuk bulat tadi di atas loyang yang beralas kertas roti/ kertas minyak. Oleskan kuning telur dan taburkan parutan keju di atasnya kemudian masukkan juga ke dalam kulkas.

  6. Ambil adonan yang belum dibentuk (adonan B) kemudian lakukan seperti yang terdapat pada nomor 5.

  7. Jika seluruh adonan sudah dibentuk dan diberi selai, silakan masukkan semuanya ke dalam kulkas dan tunggu hingga 1/2 jam agar adonan terakhir yang anda buat tadi agak lama berada dalam kulkas.

  8. Selanjutnya, panaskan oven dengan suhu 150 derajat celcius.

  9. Keluarkan nastar dari kulkas dan panggang selama kurang lebih 20 menit. Jika oven yang anda gunakan mempunyai ukuran yang lumayan besar, anda dapat memanggang semua adonan nastar sekaligus. Tapi jika tidak, silakan anda panggang terlebih dahulu adonan nastar yang pertama, kemudian dilanjut dengan adonan nastar yang kedua.

  10. Panggang selama kurang lebih 20 menit, kemudian keluarkan nastar dari oven dan jangan lupa olesi pemukaan nastar. Selanjutnya, masukkan kembali ke dalam oven dan tunggu selama 15 menit hingga warna permukaan nastar kuning kecoklatan.

  11. Keluarkan dari oven, dinginkan, dan santap kue nastar buatan anda bersama keluarga tercinta.

0 komentar:

Posting Komentar